Cara memulai bisnis online
Facebook
Twitter
LinkedIn

6 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Table of Contents

Belakangan ini bisnis online tengah ramai diperbincangkan, bagaimana enggak menurut penelitian Mc Kinsey, bisnis online setidaknya telah menciptakan valuasi pasar sebesar 8 Milliar Dolar AS dan di proyeksikan akan tumbuh hingga menyentuh angka 40 Miliar Dolar AS dalam 5 tahun kedepan.

Sebuah angka yang fantastis bukan?, tapi masalahnya adalah tidak semua orang tau bagaimana cara untuk memulai bisnis online. Oleh karena itu, kami tim dari Tanya Web merangkum 6 cara yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis onlinemu:


1. Mencari Peluang Bisnis

Sebelum jauh-jauh berbicara soal bisnis ada baiknya kita menentukan dulu akan menekuni bisnis dibidang apa, produk apa yang ditawarkan dan bagaimana prospek kedepannya.

Untuk mencari sebuah peluang bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan melakukan survei kecil-kecilan dengan mengamati kebiasaan atau kesukaan konsumen, bisa juga dengan melakukan interview mengenai sebuah produk.

Misalnya kamu ingin membuka sebuah bisnis kaos oblong, kamu perlu tahu terlebih dahulu kaos oblong seperti apa yang disukai oleh calon konsumenmu (bisa dari jenis kainnya, harganya atau bahkan jenis sablonnya).

Namun yang pasti dalam melihat sebuah peluang bisnis, pertimbangkan juga prospek jumlah permintaan pasar kedepannya supaya bisnismu bisa berkelanjutan.


2. Mencari Pemasok

Setiap bisnis pasti akan membutuhkan pemasok (supplier). Pemasok adalah mereka yang memasok produk mereka kepadamu. Misalnya nih ketika kamu ingin membuat usaha telur asin, maka peternak bebek disini akan menjadi pemasokmu.

Peran pemasok disini sangatlah penting, bayangkan saja kamu punya bisnis kaos oblong, tetapi pemasokmu tidak bisa memastikan ketersediaan jenis kain yang kamu butuhkan.

Sudah tentu kamu bakalan kelabakan dengan tingginya permintaan kaos oblong yang masuk. Oleh karenanya pastikan pemasokmu dapat menjaga baik kualitas dan kuantitas bahan yang mereka pasok.


3. Buat Website untuk Bisnismu

Website adalah sebuah situs yang didalamnya terdapat berbagai informasi tentang sebuah bisnis. Berdasarkan sebuah riset, 84% meyakini kalau sebuah bisnis akan menjadi lebih kredibel apabila bisnis tersebut mempunyai website.

Ketika kita berbicara tentang website, tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya hosting dan domain. Hosting adalah sebuah tempat untuk menaruh data-data suatu website, sementara domain, adalah sebuah alamat yang digunakan untuk menemukan suatu website.

Sebenarnya penjelasan mengenai hosting dan domain masih sangat panjang. Tapi, agar pembahasan artikel ini tidak melebar kemana-mana, penjelasan lebih detail mengenai hosting dan domain akan dibahas di artikel lain.


4. Perkuat Branding dengan Social Media

Hampir semua dari kita saat ini pasti menggunakan social media. Social media adalah tempat dimana orang-orang saling berinterkasi satu sama lainnya. Mengutip data dari statista, pada tahun 2022 terdapat setidaknya 4.59 milliar pengguna social media dan angka ini diperkirakan akan menyentuh angka 5.85 milliar pada tahun 2027.

Dengan banyaknya jumlah pengguna maka tidak heran apabila beberapa pebisnis menggunakannya untuk memperkuat brandingnya.


5. Promosikan produkmu secara berkala

Setidaknya terdapat 3 media untuk mempromosikan produkmu; owned media, paid media & earned media. Owned media adalah media promosi yang dimiliki oleh perusahaan dan kamu tidak perlu membayar untuk melakukan promosi disini, contohnya social media, website, rilis pers dan lain-lain.

Paid media adalah media promosi berbayar atau simplenya adalah kita beriklan melalui media ini, contohnya adalah FB Ads dan Google Ads. Kemudian yang terakhir owned media. Owned media adalah media promosi yang didapatkan oleh perusahaan secara cuma-cuma, contohnya adalah promosi dari mulut ke mulut dan testimoni.


6. Atur Arus Kas Bisnis

Bagian yang terakhir ini seringkali dilupakan, padahal rasio keuangan yang sehat merupakan salah satu indikator kesehatan suatu perusahaan. Terdapat berbagai pendekatan yang bisa digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan, hal ini tentunya tak terlepas dari tujuan perusahaan tersebut.

Namun secara umum dapat di sederhanakan menjadi; merencanakan dan mengawasi uang yang keluar dan masuk, memetakan pos-pos pengeluaran apa saja yang bisa diefisiensikan, dan memperhatikan ketentuan kredit.


Perlu bantuan untuk mengembangkan bisnis?

Bagi sebagian orang tentunya membangun bisnis online adalah hal yang sulit, apalagi kalau ingin kamu membangun website untuk bisnismu. Kamu harus siap direpotkan dengan proses mendesain web, mengurus domain dan hosting serta memastikan websitemu SEO friendly.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kami dari tim tanya web siap membantumu untuk membuat sebuah website. Kami akan membantumu mulai dari proses desain, mengurus hosting dan domain serta memastikan websitemu SEO friendly. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi tim kami dan konsultasikan masalah anda secara gratis!

Share Artikel