Blog

|

Facebook
Twitter
LinkedIn

Mengenal Lebih Dalam Tentang Search Engine Marketing: Apa Itu SEM dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Table of Contents

SEM adalah singkatan dari search engine marketing, secara definisi Search Engine Marketing adalah sebuah strategi berbayar untuk mendapatkan lebih banyak traffic dan visibility di hasil pencarian Google. Selain disebut sebagai SEM, beberapa orang juga ada yang menyebutnya dengan Google Search Ads atau bahkan PPC (Paid Per Click). 

Alasan mengapa disebut sebagai paid per click  adalah karena biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan dihitung berdasarkan jumlah orang yang mengklik iklan tersebut. Berikut merupakan contoh search engine marketing.

Contoh Search Engine Marketing

Kelebihan menggunakan Search Engine Marketing

1. Kecepatan

Salah satu kelebihan dari SEM adalah mampu meningkatkan visibility dan traffic secara cepat, hal ini bisa terjadi dikarenakan Google akan memberikan sebuah tempat khusus yang mana pada umumnya akan menempati peringkat teratas dari hasil pencarian.

2. Membantu Bisnismu Tumbuh

Selain membantu meningkatkan traffic dan visibility, SEM juga bisa membantu bisnismu dalam mendapatkan lebih banyak leads atau data calon konsumen dan mendorong konsumen untuk melakukan conversion atau pembelian.

3. Targeting yang Lebih Tepat

Salah satu kelebihan dari SEM adalah kita bisa menentukan sendiri ingin menargetkan konsumen yang seperti apa, kamu bisa menargetkan berdasarkan Geografis, Demografis, Ekonomi, Siklus keluarga dan lain-lain.


7 Jenis Tujuan Kampanye (Campaign objective) di Search Engine Marketing

1. Penjualan (sales)

campaign objective ini berfokus pada mendorong konsumen untuk melakukan conversion atau pembelian. Campaign objective ini tersedia pada channel; search, display, shopping, video dan performance max.

2. Prospek (leads)

Prospek bertujuan untuk mendorong konsumen melakukan jenis conversion lain, namun umumnya campaign objective ini digunakan untuk mengumpulkan data calon konsumen sebanyak-banyaknya. Prospek sendiri dapat ditemukan pada channel; Campaign objective ini tersedia pada channel; search, display, shopping, video dan performance max.

3. Traffic Situs (traffic sites)

Campaign objective jenis ini bertujuan mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung ke websitemu. traffic situs sebagaimana dua campaign objective sebelumnya, dapat ditemukan pada channel; Campaign objective ini tersedia pada channel; search, display, shopping, video dan performance max.

4. Pertimbangan Produk dan Merek (Product and brand consideration)

Campaign objective ini bertujuan untuk mendorong konsumen dan calon konsumen untuk mempelajari lebih dalam mengenai produk yang ditawarkan oleh pengiklan. Jenis campaign objective ini hanya tersedia di channel video.

5. Kesadaran Merek dan Jangkauan (Brand awareness and reach)

Dengan menekankan pada menjangkau audiens seluas-luasnya, campaign objective ini akan sangat berguna bagi para pebisnis perintis yang perlu membangun brand awareness di benak audiensnya. Campaign objective ini tersedia di dua channel yaitu display dan video.

6. Promo Aplikasi (App promotion)

Campaign objective ini berguna untuk mengenalkan, mempromosikan dan meningkatkan jumlah pengguna aplikasi setiap bulannya (Monthly Active Users). Teruntuk channelnya sendiri hanya terdapat pada channel app campaign.

7. Promosi dan kunjungan toko lokal (Local store visits and promotion)

Jenis campaign objective ini akan sangat berguna bagi bisnis yang memiliki outlet yang cukup banyak, campaign objective ini berfokus pada audiens lokal dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko offline yang berada disekitarnya. Campaign objective ini hanya tersedia pada channel performance max.


5 Jenis keyword dalam Search Engine Marketing

1. Pencocokan Luas (Broad match)

Pencocokan luas (Broad match) adalah pencocokan standar dari sebuah keyword, untuk menggunakan broad match kamu hanya perlu memasukkan keyword yang akan kamu gunakan tanpa menambahkan simbol apapun.

Broad match memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens secara luas sehingga jumlah traffic yang datang pun akan menjadi sangat besar juga. Kendati demikian, kelemahan utama dari broad match ini adalah pengunjung yang datang ke websitemu akan cenderung acak dan kurang terfokus.

Berikut merupakan contoh penggunaan broad match:

  • Keyword: Sneakers wanita

Iklanmu akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Sepatu wanita
  • Beli sepatu wanita
  • Fashion wanita

2. Pencocokan Luas Dipersempit (Modified broad match)

Modified broad match adalah pengembangan terbaru dari broad match, dengan menggunakan pencocokan ini pengiklan bisa menampilkan iklannya pada audiens yang tepat namun dengan tetap menggunakan pencocokan yang bersifat luas. Untuk menggunakan pencocokan jenis ini tambahkan + didepan keyword yang diinginkan.

Berikut merupakan contoh penggunaan modified broad match:

  • Keyword: +Sneakers +wanita

Iklanmu akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Beli sneakers wanita
  • Sneakers wanita murah
  • Sneakers putih wanita

Iklanmu tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Sepatu putih wanita
  • Beli sepatu wanita
  • Sepatu olahraga wanita

3. Pencocokan Frasa (Phrase match)

Phrase match adalah jenis pencocokan dengan tingkat kesamaan keyword yang moderat, pada pencocokan jenis ini penambahan kata-kata bisa terjadi baik di depan maupun di belakang keyword yang digunakan. cara menggunakan phrase match adalah dengan menambahkan “” diantara keyword yang digunakan.

Berikut merupakan contoh penggunaan phrase match:

  • “Topi koboy”

Iklanmu akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Topi koboy bagus
  • Warna topi koboy
  • Variasi topi koboy

Iklanmu tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Topi coklat koboy 
  • Beli topi 
  • Peralatan koboy

4. Pencocokan persis (Exact match)

Exact match adalah jenis pencocokan yang sangat berguna untuk mendorong terjadinya conversion, hal ini dikarenakan tingkat kesamaannya yang tinggi. Secara teori, dengan menggunakan Exact match kamu akan memiliki kendali lebih mengenai penayangan iklanmu, namun jumlah pengguna yang melihat iklan secara otomatis juga berkurang. Cara menggunakan exact match adalah dengan menabahkan [ ] diantara keyword yang digunakan.

Berikut merupakan contoh penggunaan phrase match:

  • [Kemeja wanita]

Iklanmu tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Kemeja wanita
  • Kemeja untuk wanita 
  • Kemeja cewek

Iklanmu tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Kemeja pria 
  • Kemeja lengan pendek laki-laki 

5. Keyword negatif (Negative keyword)

Negative keyword adalahjenis pencocokan yang berfungsi untuk mengecualikan suatu keyword tertentu. Misalnya kamu mengikalankan raket tenis dan kamu tidak ingin produkmu muncul diberbagai hasil pencarian yang tidak relevan seperti raket badminton.

Berikut merupakan contoh penggunaan negative keyword:

  • Raket tenis

Iklanmu tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian berikut:

  • Raket badminton
  • Raket  bulu tangkis
  • Raket listrik


Cara kerja Search Engine Marketing

Ketika kamu  memutuskan untuk menggunakan Search engine marketing sebagai channel pemasaran, kamu juga perlu tahu terlebih dahulu terkait mekanisme penentuan biaya iklan yang diterapkan di SEM.

Dalam SEM besaran biaya iklan ditentukan oleh hasil lelang kilat yang dilakukan oleh Algoritma Google, dan dari hasil lelang ini jugalah yang akan menentukan posisi websitemu di hasil pencarian Google.

Karena proses lelang dilakukan oleh Algoritma Google dan prosesnya yang sangat cepat, maka sangatlah penting bagimu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil lelang yang dilakukan oleh Algoritma Google:

1. Jumlah Bid (bidding amount)

Istilah bid disini mengacu pada anggaran periklanan, umumnya Google akan menunjukkan biaya termahal, kendati dalam kenyataanya kamu mungkin hanya perlu membayar sedikit lebih tinggi dari kompetitormu.

2. Kualitas Iklan (ads quality)

Untuk memastikan iklan yang beredar di pengguna adalah iklan yang relevan, Google menerapkan sebuah sistem yang mampu mengukur kualitas dari sebuah iklan.

3. Ekstensi iklan (ads extension)

Ekstensi iklan adalah perpanjangan dari halaman website yang diiklankan, ekstensi iklan sendiri memiliki berbagai bentuk, seperti misalnya sitelinks & call extensions.

4. Peringkat Iklan (ads rank)

Untuk mempermudah penempatan iklan pada SEM, pihak Google menetapkan sebuah mekanisme yang disebut senagai peringkat iklan, yang mana Google menetapkan suatu nilai tertentu bagi pengiklan apabila ingin websitenya berada di peringkat teratas.

5. Konteks Iklan (ads context)

konteks ilklan adalah cara Google menyesuaikan penayangan iklan kepada mereka yang memang memiliki karakteristik pencarian yang relevan, katakanlah kamu melakukan campaign untuk mendatangkan traffic sebesar-besarnya, maka Google akan menayangkan iklanmu kepada mereka yang memiliki karakteristik penelusuran yang sesuai.


SEO VS SEM: Mana Yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui beberapa kelebihan daripada SEM tentunya sebagian dari kita akan berpikir bahwa SEM jauh lebih superior daripada SEO, namun sayangnya kesimpulannya tidaklah semudah itu.

Keduanya, baik SEO dan SEM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, SEO sebagai sebuah saluran gratis (organic channel) merupakan salah satu strategi paling murah yang bisa diusahakan oleh sebuah bisnis, kendati demikian proses membangunnya juga tidakah sebentar.

SEM sebagai sebuah saluran berbayar (paid channel) merupakan strategi tercepat untuk mendatangkan traffic dan conversion dalam jumlah besar, namun yang menjadi masalah disini adalah strategi ini bersifat berbayar. Untuk mengatasi kompleksitas ini, seringkali beberapa orang berusaha untuk menggabungkan antara SEO dan SEM.

Alasan mengapa kita perlu mengkombinasikan kedua strategi ini karena pada dasarnya keduanya menggunakan indikator relevansi sebagai tolak ukur apakah suatu iklan cocok untuk ditampilkan kepada seorang audiens atau tidak. Oleh karena itu, untuk mendatangkan traffic, SEM saja tidaklah cukup, dia juga harus ditunjang dengan SEO untuk membantu Google dalam mengevaluasi relevansi iklan.

Untuk menggabungkan kedua strategi tersbut memang bukanlah hal yang mudah, namun kini kamu tidak perlu pusing-pusing lagi soal SEM hal ini dikarenakan kami bisa membantumu untuk beriklan di Google Ads. Cukup hubungi saja tim CS kami dan konsultasikan masalah dan harapan anda, maka akan kami selesaikan.

Refrensi

https://support.google.com/google-ads/answer/7478529?visit_id=638092209524880451-2194426239&rd=1

https://blog.hubspot.com/marketing/search-engine-marketing#:~:text=SEM%2C%20or%20search%20engine%20marketing,result%20for%20that%20search%20query.

https://www.semrush.com/blog/seo-vs-sem/?kw=&cmp=AA_SRCH_DSA_Blog_EN&label=dsa_pagefeed&Network=g&Device=c&utm_content=622582338434&kwid=dsa1754979172925&cmpid=18361936995&agpid=141795369535&BU=Core&extid=60114128396&adpos=&gclid=Cj0KCQiAzeSdBhC4ARIsACj36uEXULSZE1OSSAvXxmOckvtxiQXYpyWX04PRBke5zy1uM5TTr4LkD8QaAsXaEALw_wcB#header5

Share Artikel